Menu Makanan Sehat

Menu Makanan Sehat - Makanan sehat adalah makanan yang memiliki keseimbangan gizi, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk proses tumbuh kembang. Menu makanan sehat harusnya kayak akan unsur zat gizi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan sedikit lemak tak jenuh, atau lebih tepatnya disingkat dengan nama menu 4 sehat 5 sempurna.
Apakah Makanan sehat itu harus mahal ?

jawabannya adalah tidak, justru dalam kenyataannya makanan mahal belum tentu memiliki kandungan 4 sehat 5 sempurna, banyaknya zat-zat kimia, dan hanya memiliki 1 atau 2 kandungan saja, sehingga tubuh masih kekurangan akan beberapa zat yang sangat penting. Mena makanan sehat justru akan sangat banyak terdapat pada makanan-makanan murah meriah. berikut label beberapa bahan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna :

MENU MAKANAN SEHAT
  1. karbohidrat : terdapat pada nasi, gandum, singkong, dan lain-lain
  2. protein : banyak terdapat pada tahu, tempe, telur daging, dll
  3. mineral : banyak terdapat pada sayur-sayuran
  4. vitamin : banyak terdapat pada buah-buahan 
  5. susu
Akan tetapi menu makanan 4 sehat 5 sempurna tidak akan bisa diserap maksimal oleh tubuh jika kita tidak memiliki pola makan yang sehat pula. setiap tubuh memiliki pola waktu bekerja, sehingga konsumsi terhadap menu sehat harus dibarengi dengan pengetahuan pola sehat. menurut pakar ahli gizi andang gunawan, tubuh memiliki rentan waktu untuk melakukan tugas-tugasnya, dalam artian sebagai berikut :
  • Fase Pembuangan : dalam fase ini dimana tubuh melakukan proses pembuangan atas semua makanan yang telah kita makan sebelumnya, rentan waktu diantara pukul 04.00 - 12.00. sehingga dalam rentan waktu tersebut sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan-makanan berat. menurut andang dipagi hari banyak konsumsi buah-buahan akan sangat efektif, karena pada saat ini tubuh sangat memerlukan sumber energi sekaligus membantu dalam proses pembuangan.
  • Fase Pencernaan : dalam fase inilah menu makanan 4 sehat bisa dinikmati, tapi non buah, karena buah sudah kita konsumsi pada fase sebelumnya atau pada pagi hari. rentan waktu sekitar pukul 12.00 - 20.00. 
  • Fase penyerapan : rentan waktu pukul 20.00 - 04.00, sehingga sangat dianjurkan untuk menghentikan aktifitas makan.
Nah, sekarang jelas bukan, bahwa pengetahuan terhadap menu makanan sehat pun tidak cukup jika tidak dibarengi dengan konsep pengetahuan pola hidup sehat, keteraturan dalam mengkonsumsi makanan bisa dikatakan merupakan diet alami, sekaligus akan menjaga tubuh tetap dalam kondisi sehat.

Satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah kewaspadaan terhadap makanan yang kita makan. hal ini dikarenakan semakin banyaknya tindak kecurangan dari pedangang untuk mencapai keuntungan yang maksimal, sehingga makanan yang kita makan, kadang banyak mengandung zat-zat yang berbahaya.

0 komentar:

Posting Komentar